Berbagai bioskop keren yang ada di negara kita banyak menampilkan film Indonesia terbaik dengan berbagai macam genre. Misalnya genre horor, action, komedi, dan masih banyak lagi. Film – film itu menunjukkan kalau kualitas film lokal juga tak kalah dengan film dari negara lainnya.

Bahkan, beberapa film ada yang sudah bisa bersaing sampai ke kancah internasional serta mendapatkan pengahargaan terbaik mereka. Hal ini juga membuktikan kalau makin banyak pula film Indonesia terbaik yang akan sangat sayang jika dilewatkan.

Nah, untuk kalian yang mau nonton film Indonesia, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi film Indonesia terbaik untuk kalian.

1. Film Indonesia – Ave Maryam

Film Indonesia Terbaik

Pertama kali tayang di Hanoi International Film Festival 2018, film satu ini sempat menimbulkan kontroversi saat akan tayang. Karena, Ave Maryam memang mengangkan tema agama yang cukup sensitif, yaitu hubungan asmara di antara biarawati dan pastor.

Maryam yang merupakan seorang biarawati yang baru pindah ke sebuah panti jompo di Girisonta, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Kesehariannya di sana adalah membersihkan panti sampai merawat biarawati tua. Tetapi, kehidupannya berubah saat ada seorang pastor muda bernama Yosef yang pindah ke panti tersebut.

Maryam yang awalnya mengagumi Yosef justru malah terlibat cinta terlarang. Mereka berdia sering pergi diam – diam ke luar panti. Bahkan, mereka pernah bersetubuh hingga membuat keduanya melalaikan tugas di panti.

2. Dua Garis Biru

Film satu ini menjadi film Indonesia yang sangat fenomenal di saat awal perilisannya. Film ini dinilai cukup berani mengangkat topik yang selama ini kita anggap tabu, yaitu hamil di luar nikah. Namun, di balik kisahnya, ada banyak pesan moral untuk para remaja supaya mereka lebih paham bagaimana dampak dari apa yang telah berani mereka lakukan.

Dari sini, dua garis biru pun diberikan banyak penghargaan, misalnya skenario asli terbaik di Festival Film Indonesia 2019, film Bioskop Terpuji di Festival Film Bandung 2019 serta Film Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2020.

Film ini bercerita mengenai sepasang anak SMA bernama Dara dan Bima. Mereka berdua sangat dimabuk cinta sampai akhirnya Dara hamil. Walaupun akhirnya Bima bertanggung jawab, tetapi hubungan keduanya tak sedekat dulu lagi.

3. Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film Indonesia Terbaik 2021

Film buatan vMouly Surya satu ini berhasil mencuri perhatian dunia setelah tampil di Directors Fortnight Festoval Film Cannes 2017. Film ini membawa Marsha Timothy dalam meraih penghargaan sebagai pemeran utama Wanita Terbaik versi Festival Film Indonesia 2017.

Ceritanya mengenai Marlina yang harus mengalami banyak sekali kenyataan pahir dalam satu malam, rumahnya disambangi oleh segerombol preman, ternaknya diambil semua, dan sang ketua meniduri Marlina di depan jasad suaminya.

Tak mau diam saja, Marlina lalu membunuh dan memenggal kepala sang ketua. Ia pun mencari keadilan dengan membawa potongan kepala itu. Namun sayang, pertolongan yang ada malah tak sesuai dengan apa yang ia harapkan.

4. Film Indonesia – 27 Steps of May

Film yang dirilis di tahun 2019 kemarin ini meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2019 yang sekarang bisa kalian tonton di aplikasi video on demand. Kisahnya menceritakan tentang seorang perempuan bernama May yang sangat ceria.

Sampai akhirnya saat ia berusia 14 tahun, setelah menaiki wahana kora – kora di pasar malam, hidupnya pun berubah. May diperkosa beramai – ramai oleh sekelompok orang tak dikenal. Setelah kejadian itu, May pun berubah dan tak mau berbicara lagi pada siapapun, termasuk ayahnya.

8 tahun sudah May menyimpan trauma itu. Bahkan tak jarang pula ia berteriak histeris dan menyilet lenagnnya jika sang ayah mengajaknya bicara. Tetapi, perlahan May bangkit dan mengalihkan rasa traumanya itu ke atas ring tinju.

5. Film Indonesia – Pengabdi Setan

Film Indonesia Terbaik sepanjang masa

Film yang disaksikan oleh lebih dari 4,2 juta penonton ini membuat film Pengabdi Setan jadi film yang paling laris di tahun 2017 lalu. Bahkan, film ini juga dilirik oleh negara lain hingga tayang di beberapa negara, seperti Malaysia, Jepang, sampai Amerika Serikat.

Di Indonesia juga film ini meraih banyak penghargaan mulai dari Tata Sinematografi Terbaik Festival Film Indonesia 2017, Sutradara Terpilih Piala Maya 2017, hingga Film Box Office Terbaik Indonesian Box Office Movie Awards 2018.

Pengabdi Setan menceritakan tentang Rini yang tinggal bersama dengan ibu, ayah, nenek, serta ketiga adik laki – lakinya. Ibu Rini sakit dan hanya bisa berbaring di kamar. Setelah itu, Ibu Rini meninggal dan teror pun dimulai. Ternyata, sang ibu punya perjanjian yang berbahaya.

6. The Raid

The Raid adalah film buatan sutradara Gareth Evans yang menjadi batu loncatan film Indonesia di kancang dunia. Film ini juga meraih banyak penghargaan dan membuat banyak produser serta sutradara kenamaan dunia yang mulai melirik para aktor di Indonesia.

Ceritanya tentang Rama dan Jaka yang merupakan anggota kelompok polisi elit yang ditugaskan untuk menggerebek sebuah apartemen berlantai 30 yang menjadi markas penjahat terbesar yaitu Tama Riyadi.

Tak mudah untuk menaklukkan Tama karena ia sudah memasang para anteknya di tiap lantai. Tak cukup sampai situ, Tama pun menjanjikan pembebasan biaya sewa untuk penghuni apartemen yang mau ikut melawan Rama, Jaka, dan kelompoknya. Saat ini, lawan Rama dan Jaka bukan Cuma Tama namun juga semua penghuni apartemen yang rela melakukan apa saja demi keuntungan.

7. Film Indonesia – Cek Toko Sebelah

Film Indonesia Terbaik di netflix

Penulisan serta cerita dari film Cek Toko Sebelah memang disajikan dengan sangat baik. Film ini juga menjadi puncak keberhasilan dari Ernest Prakasa sebagai seorang sutradara setelah mengarahkan film Ngenest di tahun 2015 dulu.

Ide cerita dari film ini sendiri didasarkan pada realitas etnis Tionghoa di Indonesia di saat anak beranjak dewasa. Bahwa ekspektasi dan tolok ukur seseorang itu berdasarkan sekolah dan kuliah yang tinggi dan juga mendapatkan jabatan yang juga tinggi.

Namun miris, ujung – ujungnya akan bekerja di toko orangtuanya sendiri. Film yang ditulis langsung oleh Ernest Prakasa dan Jenny Jusuf ini memiliki pengembangan cerita dari Meira Anastasia yang sukses memenangkan penghargaan Skenario Asli terbaik pada Festival Film Indonesia serta rentetan penghargaan lainnya.

8. Laskar Pelangi

Laskar pelangi di awal perilisannya sempat mencuri perhatian pecinta film di Indonesia. Karena, pada saat itu sang sutradara serta produser, yaitu Riri Riza dan Mira Lesmana lebih memilih untuk berkolaborasi dengan anak – anak Belitung asli sebagai aktor utama mereka sehingga membuat film ini jadi terasa sangat nyata.

Dipadu dengan musik – musik soundtrack yang indah, film yang diadaptasi dari Novel karya Andrea Hirata ini juga sempat ditayangkan pada berbagai festival film Internasional. Beberapa di antaranya adalah Hong Kong International Film Festival 2009, Asian Film Awards 2009, serta International Festival of Film for Children and Young Adults, Iran 2009.

Film ini berkisah tentang perjuangan anak – anak Gantong, Belitung untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Mereka bersama – sama menjadi murid yang terakhir serta harapan untuk SD Muhammadiyah Gantong yang akan ditutup kalau tak mampu mempunyai 10 orang murid.

Itulah beberapa rekomendasi film Indonesia terbaik yang sangat sayang jika kalian lewatkan. Beberapa dari film tersebut mungkin sudah pernah kalian tonton. Tapi, kalau belum, jangan sampai ketinggalan ya. Semoga bermanfaat.